RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 3 / RPP / YPN / ELE / I / 2010
A. IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam
2. Kelas : X
3. Mata Pelajaran : MULOK Elektronika
4. Semester : 1 (satu)
5. Waktu : 4 x 45 Menit
B. STANDAR KOMPETENSI :
Pengetahuaan dasar elektronika
C. KOMPETENSI DASAR
Mengenal kapasitor
D. INDIKATOR PENCAPAIAN
- Dapat menyebutkan pengertian dan fungsi-fungsi dari kapasitor.
- Dapat menyebutkan jenis-jenis kapasitor berdasarkan bahan dielektrikum, nilai dan polaritasnya.
- Dapat menggambarkan simbol-simbol kapasitor.
- Dapat menentukan nilai kapasitor berdasarkan kode angka
- Dapat menentukan Ctotal dari kapasitor yang dirangkai seri maupun paralel.
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat menyebutkan pengertian dan fungsi-fungsi dari kapasitor.
· Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis kapasitor kapasitor berdasarkan bahan dielektrikum, nilai dan polaritasnya.
· Siswa dapat menggambarkan simbol-simbol kapasitor.
· Siswa dapat menentukan nilai kapasitor berdasarkan kode angka.
· Siswa dapat menentukan Ctotal dari kapasitor yang dirangkai seri maupun paralel.
F. SUMBER MEDIA
1. Keterampilan Elektronika 1, Achmad Rachman, Ganeca Exact Bandung
2. Jago Elektronika Secara Otodidak, Prihono, S.T, M.T, dkk, Kawan Pustaka Jakarta
3. Internet
G. SKENARIO PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal:
Guru:
1. Apersepsi: mengabsensi siswa sekaligus menanyakan kondisi siswa.
2. Menjelalaskan tujuan dari pembelajaran yang akan disajikan.
Siswa:
Menberitahukan kondisi mereka masing-masing.
Kegiatan Inti:
Guru:
1. Menjelaskan materi tentang defenisi kapasitor serta fungsinya dalam rangkaian elektronika.
2. Menggambarkan simbol-simbol kapasitor sesuai dengan jenisnya.
3. Menjelaskan kode angka yang terdapat pada kapasitor.
Siswa:
1. Mmenyimak penjelasan yang diberikan oleh guru mengenai defenisi dan fungsi dari kapasitor
2. Menggambarkan dan menjelaskan simbol-simbol kapasitor.
3. Berlatih mengubah kode angka pada beberapa kapasitor.
`Kegiatan Akhir:
Guru:
1. memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan siswa.
2. Membimbing peserta siswa untuk memberikan refleksi.
3. Memberikan gambaran materi yang akan datang.
H. PENILAIAN OTENTIK
1. Teknik Penilaian
a. Tes tulis
b. Tes Lisan
2. Bentuk Instrumen
No. | Tes Uraian | Skor / Penilaian | ||||||||
1. 2. 3. 4. 5. . | Sebutkan pengertian dan fungsi-fungsi dari kapasitor! Jb: - Kapasitor merupakan komponen elektronika yang dapat muatan listrik. - Kapasitor berfungsi sebagai: a. Sebagai filter pada power supply. b. Sebagai peredam loncatan api pada saklar. c. Sebagai penghemat daya listik. d. Sebagai peredam noise e. Sebagai kopling. Sebutkan jenis-jenis kapasitor berdasarkan bahan dielektrikum minimal 6, polaritas, dan nilainya! Jb:
- Kapasitor kertas - Kapasitor keramik - Kapasitor mika - Kapasitor tantalum - Kapasitor elektrolit - kapasitor polyester
Gambarkan simbol-simbol dari kapasitor! Jb: lihat tabel
Tentukan nilai dari gambar kapasitor diatas: Jb:
Tentukan nilai Ctotal dari rangkaian berikut!
Jb: Nilai dari rangkaian :
1/Ctotal = 1/6 +1/18 + 1/3 1/Ctotal = 3/18 +1/18 + 6/18 1/Ctotal = 10/18 Ctotal = 18/10 = 1,8 F
Ctotal = 6 + 18 + 3 Ctotal = 27 F | 15 15 10 20 30 | ||||||||
No. | Tes Lisan | |||||||||
1. | Sebutkan tujuan merangkai Kapasitor secara:
| 10 | ||||||||
Jumlah | 100 |
I. CATATAN
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................
Menyetujui Lubuk Pakam, Agustus 2010
Guru Pamong, Mahasiswa PPL
___________________ ___________________
NIP: NIM:
Diketahui
Kepala SMA ................
___________________
Diketahui
Kepala SMA ................
___________________
NIP: -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar